Membuat Posting Baik dan Menarik

9 03 2013

posting1Salam blogger !

Seorang blogger sejati tentunya tidak pernah lepas dari menulis postingan di blognya, apapun yang dia tahu dan yang dia alami selalu dituliskan di blognya. Tetapi tentu saja bukan kicauan galau yang sedang dia rasakan, kalau kicau galau ya gak usah ditulis di blog, mungkin… tapi bisa saja ko, kan blog itu fasilitas tempat curhat juga, tapi gak usah lah kalau yang galau-galau diketahui orang lain, cukup diri sendiri aja kali.. hehe..

Untuk menulis postingan yang baik, tentu saja harus sesuai dengan kaidah-kaidah agama dan norma yang berlaku di masyarakat, apalagi di kalangan masyarakat timur seperti Indonesia ini, jika tidak.. bukannya menarik bahkan kena caci maki di kolom komentar, hehe..

Selain itu juga postingan yang baik harus bersahabat dengan konsep Search Engine Optimization yang dikenal dengan SEO. Wadduuuhh… pusing juga ya kalau postingan banyak aturannya, sebenarnya tidak pusing juga, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, setahu saya berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis postingan :

1. Konten harus asli / original.
Artinya isi postingan harus buatan sendiri, hasil karya sendiri, bukan hasil copy paste, karena jelas copy paste bisa dikatakan ilegal jika tanpa izin pembuat posting, pelanggaran copy paste disebut plagiarisme dan pelakunya disebut plagiat, di negara lain ada undang-undang tentang plagiarisme.

2. Pergunakan tag / label yang sesuai.
Artinya untuk setiap postingan harus menggunakan tag atau label yang sesuai dengan isi atau topik yang dibahas, gunanya untuk memudahkan pengelompokan dan pencarian. Penggunaan tag atau label disesuaikan dengan deskripi blog, disebut juga meta description dan atu keywords, tentu sangat berpengaruh untuk pengindexan oleh robot-robot mesin pencari.

3. Pilih topik yang menarik atau sedang hangat.
Artinya isi postingan membahas tentang trend yang sedang hangat dibicarakan oleh semua orang pada saat tersebut, atau postingan membahas tentang sesuatu yang menarik buat orang lain untuk membacanya, bisa juga postingan membahas tentang sesuatu yang nantinya akan diperlukan oleh orang lain.

3. Pergunakan bahasa yang mudah dicerna.
Artinya postingan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, bukan bahasa alay dan tulisan alay, sehingga membuat bingung pembacanya.

4. Pilih judul menarik.
Pertama yang dilihat oleh orang lain adalah judul postingan, oleh karena itu pilihlah judul yang sekiranya akan menarik dan membuat orang lain tertarik untuk membacanya, adakalanya sebuah postingan yang isinya bagus tetapi menggunakan judul yang tidak menarik, jadinya orang lain melewatkannya.

5. Pergunakan gambar / foto yang sesuai.
Adakalanya seseorang akan tertarik dengan melihat gambar di suatu postingan, oleh karena itu pergunakan gambar yang menarik dan sesuai dengan isi postingan, gambar juga membantu pembaca agar lebih mudah memahami apa yang dibahas di postingan itu, tetapi jangan terlalu banyak gambar, karena akan memperlambat proses loading, sehingga orang lain malas untuk menunggu proses loading, usahakan gambar memiliki ukuran file kecil agar ringan untuk diloading.

6. Share untuk sosial media.
Share dengan sosial media merupakan salahsatu alat yang sangat membantu mempublikasikan postinagn, lengkapi postingan di bawahnya dengan tool atau widget yang membuat pembaca mudah untuk me-share postingan ke sosial media miliknya. pilihlah sosial media yang banyak digunakan orang seperti facebook, twitter, google+, dsb.

7. Cantumkan alamat asal.
Jika membuat postingan dengan referensi dari blog orang lain, atau sedikit copy paste (bukan semuanya hasil kopas), cantumkan alamat dari mana asal kita mengambilnya, misalnya referensi dari blog Bizril (http://bizril.blogspot.com).

Demikian hal-hal yang saya tahu mengenai penulisan postingan yang baik, semakin baik kita bisa membuat postingan, apalagi dengan isi yang menarik apalagi kalau bisa membantu orang lain yang memerlukannya seperti tuorial, tip atau trik, maka pembaca akan menjadi pengunjung yang setia mengunjungi blog kita, dari hari ke hari jumlah pengunjung akan bertambah banyak jika isi blog kita menarik.

Jika ada hal yang membuat kamu tidak setuju, mau protes, atau mau menambahkan hal lain yang tidak diulas di sini, silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah postingan ini. gratis ko, hehe.. Semoga bermanfaat.


Aksi

Information